.

.

Cara Bermain Kunci Gitar Dengan Cepat

http://kuncichord-gitar.blogspot.com/2015/04/cara-bermain-kunci-gitar-dengan-cepat.html
Kali ini saya akan membahas mengenai hal yang berkaitan dengan kunci gitar dan hal dasar bermain gitar yang sangat penting agar kita dapat mengetahui cara bermain kunci dasar gitar dengan menggunakan jari yang benar lalu kita bisa mendapatkan perpindahan kunci yang lebih cepat.
Mungkin memainkan kunci dasar gitar yang benar adalah tergantung kenyamanan dari setiap orang juga, tapi saya akan memberikan pedoman umum dalam memainkan kunci gitar dengan jari yang tepat,setidaknya saya ingin berbagi pengalaman saya sendiri saat saya mulai belajar bermain gitar

Nah, sebelum sobat beranjak untuk bermain permainan gitar  dengan teknik yang lebih sulit seperti melodi gitar yang berspeed tinggi, kayak permainan abang Paul gilbert atau yngwie, sobat pasti udah paham kalau sobat pengen seperti mereka ya harus rajin dalam melatih jari - jari, sama juga seperti saat kita belajar kunci gitar. Ini memang udah aturan umum, dimana dibutuhkan waktu dan usaha untuk mendapatkan bukan cuma jari yang lentur, tetapi kita juga akan mendapatkan refleks bermain gitar dan nantinya jari kita akan sinkron sama perintah otak kita.

Informasi dari saya tidak menjamin sobat akan mahir bermain gitar dalam jangka pendek lho, saya hanya memberikan gambaran kepada sobat sekalian agar dapat menjadi pemain gitar yang bermain efisien.

Kenapa Efisien?? maksudnya????

kita contohin aja wisss..Saat kita masih awal mula belajar kunci gitar pasti kita bakal nyari posisi yang paling mudah kan?? Sebagai contoh saat kita belajar kunci G mayor senar terbuka (Cara 1), Kebanyakan orang yang memainkan kunci tersebut, jari yang mereka gunakan adalah jari telunjuk dan tengah pada senar ke enam dan ke lima, kemudian jari manis pada senar pertama. Ini wajar banget karena biasanya pemain gitar pemula kan kekuatan jari kelingking masih sangat lemah, jika dipaksakan malah tidak bunyi gitarnya atau bisa jadi jari kelingkingnya sampe berdarah - darah atau kulitnya mengelupas, nah lho sayang juga kan kalo yang habis meni pedi???!!!..Tapi cara yang kaya tadi sebenarnya tidak efisien lho?!! 
Lho, Kenapa? 
Nah sekarang jari yang dipake untuk memainkan kunci G mayor tadi (Cara 2) kita rubah dengan jari tengah dan jari manis di senar nomor enam dan lima serta jari kelingking kita pakai di senar pertama. Cara ini malah lebih efisien.
Kenapa efisien???
karena posisi ini akan jauh lebih mudah saat kita akan berpindah ke kunci gitar lainnya.
Masih bingung ?? 
Oke Kita contohkan lagi saat kita memainkan kunci C mayor. Rata - rata Pemain gitar kan biasanya memakai jari telunjuk di senar nomor dua, jari tengah dan jari manis biasanya menekan di senar nomor empat dan lima. Sekarang perhatikan jari sobat jika sekarang kuncinya kita pindahkan lagi ke kunci G mayor. Mana yang lebih enak pindahnya antara cara 1 atau cara 2?? Bukankah cara ke 2 lebih efisien dalam perpindahan kuncinya??? Nah ada tambahan lagi, sekarang coba sobat mainin kunci F mayor terbuka lalu sobat pindahin kunci tersebut ke kunci C mayor kemudian ke G mayor juga. Bukankah kita sudah sangat menghemat pergerakan jari jika kita jika penempatan jari kita sudah benar. Nah sekarang sobat udah dapet pelajaran tentang efisiensi dalam bermain gitar, hal ini berpengaruh juga terhadap tingkat kecepatan peralihan kunci gitar satu ke kunci gitar yang lainnya karena sobat sudah meminimalisir gerakan jari. Dari contoh tadi, silahkan sobat jabarkan sendiri ke kunci gitar yang lain agar lebih efisien juga.

sekian pembahasan seerhana saya kali ini mengenai cara bermain kunci gitar dengan cepat, semoga sobat dapat sedikit mendapatkan gambaran dari penjelasan saya kali ini. Jangan lupa artikel menarik dari kami tentang belajar gitar ya sob, untuk menambah wawasan sobat dalam belajar bermain gitar.

1 Response to "Cara Bermain Kunci Gitar Dengan Cepat "

AGL - Team said...

Salam kenal, mohon izinkan saya berbagi link buat yg ingin memperdalam permainan gitar dalam berbagai tehnik secara lengkap dan mengunduh materi untuk pemula, dasar blues, jazz dlm bhs Indonesia silahkan klik www.gitarzoom.blogspot.com
trims