.

.

Manfaat Belajar Bermain Musik Bagi Perkembangan Anak

Mungkin anda sudah tahu bahwa mendengarkan musik klasik dapat membuat orang lebih pintar. Meskipun belum ada alasan yang lebih jelas, penelitian yang lebih lanjut menyimpulkan bahwa bermain atau mendengarkan musik memiliki dampak positif pada otak.

 Para peneliti mengklaim bahwa pelajaran musik, terutama pada anak usia dini dapat meningkatkan kinerja otak untuk masa dewasa mereka kelak. Hasil scan otak orang dewasa yang dulunya mempunyai pendidikan musik sebelum mereka berusia tujuh tahun mengungkapkan bahwa area otak mereka lebih tebal yang berfungsi untuk menyerap ilmu dan kesadaran diri. Ketebalan otak ini juga meningkatkan keterampilan.

Saat Bermain musik, kegiatan ini melibatkan berbagai hal tidak hanya suara saat bernyanyi, atau jari saat bermain gitar atau alat musik lainnya. Ketika seorang anak belajar tentang musik, mereka harus mengembangkan beberapa keahlian yang sering digunakan secara bersamaan. misalnya, mereka harus mengembangkan keterampilan mendengar mereka, keterampilan jari mereka sehinga bisa sinkron dengan otak mereka.

Berikut beberapa manfaat lain bermain musik bagi perkembangan anak

  • Pengembangan Bahasa
Anak yang pernah belajar musik cenderung mempunyai kosakata lebih luas, kemampuan mengidentifikasi dimana kata - kata harus diawali dan diakhiri sehingga berpengaruh saat mereka berbicara, membaca dan memahami bahasa. Ini membantu mereka belajar dan membaca lebih cepat dan memperkaya kosakata.
  • Perkembangan otak
Penelitian telah menunjukkan bahwa belajar musik pada anak - anak dapat mengembangkan otak mereka, entah itu otak kanan maupun otak kiri. 

Berikut ini adalah Kegunaan otak kiri :
 
1.Berfikir secara sadar
2. Bernalar menurut logika
3. Berfikir dengan kata-kata
4. Memilah-milah
5. Menganalisis
6. Mengatur dan mengendalikan emosi

Berikut kegunaan otak kanan:
 
1. Ketidaksadaran
2. Kreatif, intuitif, melibatkan emosi
3. Berfikir dalam bentuk gambar
4. Melihat keseluruhan
5. Menggabungkan, sintesis
6. Berfikir secara menyeluruh
7. Spontan dan bebas dalam mengekspresikan emosi
8. Senang bekerja dalam team
  • Perhatian, Fokus dan Daya Ingat
Belajar musik entah itu suara atau alat musik, membutuhkan konsentrasi dan fokus yang tinggi. Penelitian telah mengungkapkan bahwa orang yang mempunyai pendidikan musik memiliki kemampuan mengingat hal - hal lain bahkan jika otak mereka sibuk ketika melakukan pekerjaan lain.
  • Emosional dan Kecerdasan Sosial
Bermain dan belajar musik pada anak - anak juga dapat membantu anak untuk mendengarkan dan mengenali nuansa halus dari pengucapan suatu kata sehingga menunjang pemahaman yang lebih baik dari emosi di balik kata - kata yang diucapkan.
  • Kompetensi Sosial
Seperti telah saya sebutkan sebelumnya, manfaat belajar musik bagi  perkembangan anak juga membantu mengembangkan kompetensi sosial dimana mereka akan lebih memahami akan pentingnya kerjasama, membantu orang lain. Ini dapat bermanfaat disaat mereka  bekerjasama dalam sebuah tim.

Untuk menambah kemampuan anda dalam bermain musik, terutama bermain gitar, silahkan simak artikel dari kami lainnya tentang belajar gitar.

Demikianlah beberapa manfaat belajar bermain musik untuk perkembangan anak. semoga apa yang telah kami informasikan kepada anda dapat memberikan manfaat untuk anda. Sekian dari kami Kunci Chord Gitar, Wassalam.

7 Responses to "Manfaat Belajar Bermain Musik Bagi Perkembangan Anak"

Anonymous said...

Wah, ternyata banyak juga ya mbak manfaat dari bermain musik untuk anak itu. Salam blogger ya mbak :)

lienaazmie said...

Iya mas, itu mungkin beberapa contoh saja, masih banyak manfaat lainnya yang pasti.. Terimakasih kunjungannya yah...

AGL - Team said...

Nice info, salam kenal semua...mohon izinkan saya berbagi link buat yg ingin memperdalam permainan gitar dalam berbagai tehnik secara lengkap dan mengunduh materi untuk pemula, blues, jazz dasar dlm bhs Indonesia silahkan segera klik www.gitarzoom.blogspot.com
trims

lienaazmie said...

Salam kenal juga, terimakasih atas kunjungan ke situs saya

CAVIAR ARCHITECT said...

musik memang sangat bermanfaat untuk anak, dan masa depannya membeli Gitar

CAVIAR ARCHITECT said...

musik memang sangat bermanfaat untuk anak :) metik Gitar

vian-jaringan.blogspot.com said...

waahh keren ijin copas...