.

.

Cara menyetem Gitar Secara Manual

cara menyetem gitar
Apakah yang sobat lakukan pada waktu bermain gitar tiba - tiba senar gitar yang sobat mainkan terasa fals atau senar gitar sobat putus??? Apakah lantas kemudian sobat berhenti untuk bermain gitar seketika itu atau justru malah sobat berniat untuk mengganti senar gitar yang putus tadi?? Saat mengganti senar gitar yang putus tadi, muncul lagi satu masalah baru karena ternyata sobat belum bisa untuk menyetem nada pada senar yang putus tadi, dan pada akhirnya sobat meminta tolong kepada teman yang sobat rasa lebih jago ??  
Dari permasalahan diatas, sebagai seorang pemain gitar, sebenarnya sobat pun dituntut untuk bisa menyetem gitar karena di dalam permainan gitar tidak ada yang namanya yang paling jago atau yang paling hebat, yang ada hanyalah siapa yang lebih tekun, ulet dan mau mengembangkan diri.
Jadi intinya, jika sobat mau berusaha untuk belajar, tidak ada yang tidak mungkin kesulitan - kesulitan tentang belajar gitar yang ada difikiran sobat akan bisa ditaklukkan. Untuk itu, pada postingan kali ini, kami akan memberikan beberapa informasi mengenai suatu hal yang menjadi dasar dalam bermain gitar yaitu menyetem gitar secara manual, agar sobat tidak mengandalkan orang lain atau alat tuner gitar, walaupun banyak juga tersedia alat digital yang dapat digunakan untuk menyetem gitar.

 

1. Pengenalan nilai nada pada tiap senar gitar



Cara Menyetel GItar

Pada sebuah Gitar standar, umumnya terdiri dari 6 senar yang mempunyai ukuran berbeda, dimulai dari ukuran terkecil yang paling tipis (Senar nomor 1) sampai ukuran yang paling besar (Senar nomor 6)
Karakteristik nada dari setiap senar inipun berbeda - beda juga sob. 
Untuk senar yang paling kecil mempunyai karakteristik nada paling tinggi daripada senar - senar yang lain.
Untuk nilai nada pada senar yang paling kecil (Senar nomor 1) adalah E (Posisi loss senar), dan untuk nilai nada dari senar yang paling besar (Senar nomor 6) adalah E juga (Posisi loss senar), dari situ kita bisa simpulkan antara senar nomor 1 dengan senar nomor 2 mempunyai persamaan nada .
Jadi untuk menyelaraskan nada pada senar nomor 1 dengan nomor 6 ini sangatlah mudah, sobat cukup menyamakan nadanya saja, dalam hal inilah Feeling bermusik sobat dituntut agar mampu mengerti persamaan nada antara E tinggi (Senar 1) dan E rendah (Senar 6). Bagaimana saya bisa meningkatkan feeling bermusik saya??? simak artikel kami mengenai
 Cara Meningkatkan Feeling Bermain gitar 
Pola Pikir Yang Perlu Dirubah Dalam Belajar Gitar
Untuk lebih jelasnya mengenai nilai nada pada tiap senar gitar, berikut kami berikan rangkuman detail tentang nilai nada pada tiap senar posisi loss senar (steman standar).

- Nilai nada untuk Senar 1 (Senar paling kecil) adalah E
- Nilai nada untuk Senar 2 adalah B- Nilai nada untuk Senar 3 adalah G
- Nilai nada untuk Senar 4 adalah D
- Nilai nada untuk Senar 5 adalah A
- Nilai nada untuk Senar 6 (Senar paling besar) adalah E


2. Penyeteman Gitar


Setelah sobat mengenal nilai nada dari setiap senar gitar, tahap berikutnya adalah memulai melakukan penyeteman gitar.
Berikut langkah - langkah penyeteman gitar secara manual :

- Kencangkanlah senar gitar nomor 1 sesuai keinginan.
Sebagai catatan, kekencangan senar nomor 1 ini sangat berpengaruh terhadap steman nada dasar senar berikutnya dan terhadap kunci gitar yang akan kita mainkan, apalagi jika kita ingin mengiringi lagu dari penyanyi aslinya entah itu dari mp3 atau handphone, Masalah yang sering terjadi adalah seringkali terjadi perbedaan nada dasar, jika kita menyetem terlalu kendor maka kunci gitarnya terlalu rendah, jika kita menyetem terlalu kencang maka kunci gitarnya terlalu tinggi bahkan bisa putus senar gitarnya . Untuk menyiasati hal tersebut, sebaiknya mainkan musik lewat handphone atau perangkat musik lainnya yang sebelumnya sudah sobat kuasai kunci gitarnya, lalu sesuaikan steman gitar dengan lagu tersebut agar menghasilkan steman gitar yang pas.

- Setelah senar nomor 1 sudah dianggap pas kekencangan dan nilai nadanya (sesuai dengan lagu yang anda hafal), mulailah kita menyetem senar nomor 2.caranya adalah : Tekanlah kolom ke 5 pada senar nomor 2, lalu sesuaikan nadanya dengan senar nomor 1 posisi loss senar (tidak ditekan), gampang bukan??

- Setelah anda merasa senar nomor 1 dan 2 sudah sesuai, kita lanjutkan dengan penyeteman nomor 3, caranya yaitu : tekan kolom ke 4 pada senar nomor 3, lalu sesuaikan nadanya dengan senar nomor 2 posisi loss senar.

- Berikutnya untuk menyetem senar nomor 4, tekan kolom ke 5 pada senar nomor 4, lalu sesuaikan nadanya dengan senar nomor 3 posisi loss senar juga.

-Untuk menyetem senar nomor 5, sama langkahnya seperti menyetem senar nomor 4 yaitu: tekan kolom ke 5 pada senar nomor 5, lalu sesuaikan nadanya dengan senar nomor 4 posisi loss senar

-Yang terakhir, cara untuk meyetem senar nomor 6 pun sama dengan cara menyetem senar nomor 5 yaitu tekan kolom ke 5 pada senar nomor 6 lalu sesuaikan nadanya dengan senar nomor 5 posisi loss senar, atau juga dengan menyesuaikan nada senar 6 posisi loss senar dengan nada senar 1 posisi loss senar juga seperti keterangan saya sebelumnya.

Selain steman gitar standar, ada juga beberapa variasi steman gitar alternatif selain steman gitar standar yang patut dicoba.

Jika sobat memang hobby dalam bermain gitar dan ingin menjadi seorang jagoan dalam bermain gitar, tak lengkap rasanya jika sobat tidak memperkaya wawasan bermain gitar sobat. Simak artikel kami lainnya yang dapat meningkatkan wawasan dalam belajar gitar

Belajar Kunci Dasar Gitar
Belajar Kunci Gantung
Teknik Gitar Solo Yang wajib Dikuasai
Cara Mengembangkan Kreativitas Bermain Gitar
Hambatan Dalam Belajar Gitar dan Cara Mengatasinya
  
Kami juga telah menyediakan kumpulan kunci gitar sebagai bahan latihan dalam permainan gitar sobat. Sekian dari kami, terimakasih.

Jika artikel kami bermanfaat bagi sobat dan untuk menghargai informasi yang telah kami berikan, silahkan like dan share fanspage Facebook kami juga sob. 

0 Response to "Cara menyetem Gitar Secara Manual"