.

.

Lagu Dangdut Indonesia Kontroversial

Lagu Dangdut Indonesia kontroversial yang kami maksud adalah Lagu Dangdut yang pernah atau yang sedang populer di Indonesia dan yang pastinya tidak bisa terlepas dari ide - ide kreatif para seniman musik di Indonesia itu sendiri ataupun dari pihak lain yang me repackage lagu - lagu tersebut. Ide kreatif tersebut mereka tuangkan dalam sebuah lirik lagu atau pun gerakan -gerakan  (dalam istilah dangdut kita sebut goyangan) yang bisa jadi membuat kita penasaran, ketawa, heran, malu atau juga marah karena hal tersebut.

Sebenarnya dalam bidang seni, Kreativitas itu sangat dibutuhkan, dengan harapan agar dapat memunculkan suatu hal baru yang belum pernah ada atau mempopulerkan suatu hal yang dulu biasa - biasa saja menjadi hal yang luar biasa. Namun, akibat dari ide - ide kreatif tersebut, pasti akan muncul polemik di masyarakat sebagai konsekuensinya. Hal itu terjadi karena ada ide - ide kreatif yang dianggap positif dan ada pula ide - ide kreatif yang dianggap negatif . Dari hal tersebut pula, munculah berbagai perdebatan, ada yang mendukung, ada pula yang menolak, anggap saja hal tersebut adalah bumbu yang mengiringi perjalanan musik khususnya Musik Dangdut Indonesia. Untuk itu setiap orang pun dituntut untuk lebih  pandai menyaring hal - hal kontroversi yang bermunculan. Yang baik ya monggo ditiru, yang ga baik ya sebaiknya jangan ditiru. Jangan kita telan mentah - mentah hal tersebut agar tidak berdampak negatif kepada perilaku kita dan orang disekitar kita. Harapannya, karena Musik dangdut adalah musik kebanggaan Indonesia, dan di negara ini pula jenis aliran musik ini lahir walaupun tidak terlepas dari kombinasi beberapa aliran musik seperti musik rock, disco,reggae, jazz, musik hindi, arabic, blues, country dll, dengan semakin meningkatnya persaingan di industri musik dangdut tanah air dan makin banyak bermunculan pula artis - artis dangdut dengan berjuta ide kreatif, janganlah dijadikan ajang mendoktrin fikiran negatif, karena pengaruh dari musik dangdut ini sangat luar biasa karena musik dangdut adalah musik yang populer di Indonesia. sebagai contoh dari segi goyangan dangdut, mungkin sebagian orang menilai goyangan -goyangan dari musik dangdut ada yang menjurus ke segi erotis. Ada pula bermunculan lirik - lirik lagu dangdut yang berlirik terkesan nakal , vulgar atau mempunyai makna yang kurang baik dan kurang mendidik. Tak bisa dibayangkan, jika lagu dengan lirik lagu yang nakal dinyanyikan oleh adik - adik atau anak - anak kita yang masih kecil. walaupun mungkin tanpa mereka sadari lirik tersebut berkonotasi negatif, namun setidaknya lirik tersebut sudah melekat ke memori mereka, bukankah hal itu bisa memberikan edukasi yang kurang baik bagi masa depan mereka nantinya dan berefek ke masalah degradasi moral. yang jelas, Masih banyak ide kreatif dari musik dangdut yang bisa di eksplore, entah itu dari segi musikalitas, kekayaan nada, lirik - lirik unik, tarian, goyangan atau dance yang unik yang tidak menjurus ke hal negatif pastinya. Kami telah menyortir dari sekian banyak lagu dangdut terbaru yang populer di indonesia, berikut adalah beberapa musik dangdut kontroversi yang mungkin menjadi suatu ciri khas dari lagu tersebut yang mengantarkan lagu tersebut menjadi suatu lagu yang populer bahkan mendapatkan kritikan yang tajam di kalangan masyarakat.

1. Keong racun - putri penelope

Dasar kau keong racun
Baru kenal eh ngajak tidur


Kalimat diatas merupakan sepenggal lirik dari lagu keong racun. Sebenarnya, lagu ini tidak bermakna jorok, inti dari lagu keong racun ini kurang lebih adalah tentang seorang wanita yang menyebut seorang lelaki yang baru ia kenal dengan sebutan " keong Racun ", karena lelaki tersebut mengajak macam - macam kepada dirinya. Lagu ini sebenarnya tidak terkenal karena artis atau lirik lagunya, justru Lagu keong racun ini mulai terkenal setelah versi lipsing yang dibawakan oleh dua orang mahasiswa bernama sinta dan jojo diunggah ke youtube sekitar tahun 2010. Berkat video lipsing tersebut, sang pe lipsing yaitu sinta jojo pun bak mendapat durian runtuh, yaitu mendapatkan berbagai macam tawaran dari stasiun - stasiun TV menjadi bintang iklan di beberapa produk dan secara langsung pula lagu ini menjadi lagu hits di Indonesia dan memberikan rizki kepada penyanyi aslinya berupa tawaran - tawaran show off air maupun on air.

2. Oplosan - versi soimah


    Tutupen botolmu, tutupen oplosanmu
    Emanen nyawamu ojo mbok terus - terus
    Mergane ora ono gunane

Anda pasti tidak asing dengan lirik lagu di atas bukan? yah lagu dengan lirik yang sarat dengan kosakata khas jawa murni ini sendiri memang sebenarnya adalah lagu jawa timuran, diciptakan oleh pria kediri yang bernama nur bayan namun dalam perkembangannya, lagu ini marak dibawakan oleh Orkes Melayu yang tersebar di berbagai wilayah di Jawa Timur dan Sebagian Jawa Tengah Seperti O M PALAPPA, OM MONATA, OM SERA , Dan OM Lainnya. Pada awalnya Versi Dangdut Lagu Oplosan ini oleh penyanyi dari OM PALAPPA yaitu Wiwik Sagita, namun setelah lagu ini dinyanyikan oleh Soimah Diacara YKS ( Yuks Keep Smile ), Lagu ini mulai dikenal masyarakat luas. Dengan lirik Oplosan yang berkonotasi ke miras dan mabuk - mabukan, lagu ini menuai berbagai kontroversi. Namun yang paling mendapat kritikan tajam dari lagu ini adalah masalah goyangnya, yaitu goyangan yang khas yang sering kita sebut dengan goyang oplosan, banyak kritikan - kritikan kepada goyangan tersebut. sebagian orang beranggapan goyangan tersebut banyak mengekploitasi berbagai macam anggota tubuh seperti paha, bokong, dada dll. apalagi goyangan - goyangan ini ditayangkan di acara TV yang jam tayangnya masih dalam jangkauan anak - anak dan para remaja. Namun sebenarnya, isi dari lagu Oplosan ini adalah memiliki pesan moral yang tinggi. di lagu tersebut kita dapat memetik hikmah hentikan mabuk - mabukan mu, sayangi nyawa anda jangan mabuk - mabukan terus karena tidak ada gunanya.

3. sakitnya tuh disini - cita citata

  Sakitnya tuh disini didalam hatiku
    Sakitnya tuh disini melihat kau selingkuh
    sakitnya tuh disini pas kena hatiku
    Sakitnya tuh disini kau menduakan aku

Reff dari lagu sakitnya tuh disini merupakan sebuah lirik yang banyak dijadikan istilah - istilah gaul anak muda jaman sekarang. Adapula meme - meme yang sering kita lihat pada foto profil BBM yang sering dipakai para pengguna setia BBM. Lagu ini dibawakan oleh cita rahayu atau yang kita kenal dengan nama panggung Cita - citata. Pedangdut Kelahiran Bandung ini sukses membawakan sebuah lagu ini dan menjadikan lagu sakitnya tuh disini ini menjadi lagu yang banyak dinyanyikan masyarakat Indonesia. Namun kontroversi -kontroversi yang mewarnai perjalanan karier bermusik wanita mungil ini mulai bermunculan. Mulai dari masalah kehidupan pribadinya yaitu pengakuan dirinya yang berstatus masih lajang dan pengakuan tersebut disanggah oleh seorang lelaki yang bernama galih purnama yang menyangkal tentang pernyataan cita - citata tersebut karena secara resmi ia telah menikahi cita - citata pada tahun 2012 di KUA Bojongloa Kaler Bandung. Lelaki tersebut juga melayangkan somasi kepada dirinya. Yang lebih heboh lagi, Cita - citata pun disomasi oleh beberapa tokoh Papua akibat pernyataan dirinya pada sebuah acara infotainment yang dinilai menyinggung masyarakat papua, namun masalah inipun berakhir setelah secara resmi cita - citata meminta maaf kepada masyarakat papua lewat perwakilan masyarakat papua di DPR RI.   

4.Hancur Hatiku - Olga Syahputra


Lagu Hancur hatiku yang dibawakan seorang artis multi talenta yaitu Almarhum Olga Syahputra ini sebenarnya adalah sebuah lagu yang memiliki lirik yang sederhana. Betapa tidak, didalam lagu ini lirik yang disuguhkan dari awal lagu sampai akhir lagu berisi sebuah kalimat yang selalu diulang - ulang, mungkin ada yang heran, terkejut atauapun aneh jika mendengar lagu tersebut tapi justru berkat lirik yang sederhana ini, lagu hancur hatiku menjadi lagu hits di indonesia. hal ini tidak terlepas dari sentuhan musisi jenius asal cirebon yaitu charly van houten mantan vokalis ST12 dan kini menjadi vokalis Setia Band yang tidak diragukan lagi kapasitas bermusiknya yang dengan brillian merubah sebuah lagu sederhana ini manjadi lagu yang enak didengar. Namun sayangnya, sang penyanyi Olga Syahputra telah tutup usia di tahun 2015 ini akibat peradangan selaput otak atau dalam istilah medis disebut meningitis.

5.paling suka - julia perez

Lagu paling suka yang dibawakan oleh artis Julia Perez ini menuai berbagai kecaman dari masyarakat karena didalam lirik lagu tersebut tersemat nomor 69 yang notabene, nomor tersebut adalah nomor yang berkonotasi negatif dan menjurus ke hal - hal yang kurang baik yaitu bermakna tentang sebuah gaya posisi dalam bercinta.






6.satu jam saja - zaskia gotik


Di dalam lagu satu jam saja yang dibawakan penyanyi yang terkenal dengan sebutan Zaskia gotik ( Goyang Itik ) ini ada beberapa kalimat yang kurang mendidik yaitu kata - kata bercumbu dan bercinta denganmu. Namun dengan kekhasan goyangan dari sang penyanyi, dari awal mula lagu ini resmi dilaunching, kepopuleran Zaskia Gotik pun meroket. Hal ini pun tidak terlepas dari masalah kehidupannya  yang bermunculan ke permukaan, apalagi setelah sang penyanyi tersebut bertunangan dengan sang kontroversi hati Vicky Prasetyo yang saat diwawancarai pers justru memberikan pernyataan yang gaya bahasanya ngawur dan terkesan memaksa.. Berikut kosakata ga nyambung ala vicky prasetyo :
    twenty nine my age
    kontroversi hati
    konspirasi kemakmuran
    harmonisisasi
    mengkudeta apa yang kita menjadi keinginan
    mempertakut
    mempersuram statusisasi kemakmuran
    confident
    mensiasati kecerdasan
    labil ekonomi
Namun kosakata aneh diatas justru menjadi trend di kalangan masyarakat luas karena kosakata tersebut dianggap lucu dan sangat aneh.

7.belah duren - julia perez

Aktris Julia perez memang tidak henti - hentinya melakukan hal - hal yang penuh kontroversi. Ikon Bom Seks Indonesia ini memang tidak dapat terlepas dari hal - hal yang penuh kontroversi. Dalam isi lagu belah duren milik julia perez ini disebutkan
 " belah Duren  di malam hari, paling enak dengan kekasih"
Arti kata belah duren ini memang tidak terlepas dari konotasi yang jorok dan vulgar. Kata belah duren bisa diartikan dengan kata " Making Love " ataupun  Bersetubuh dalam bahasa Indonesia. Namun baru - baru ini , aktris sexy ini dikabarkan telah divonis oleh dokter berkaitan dengan masalah reproduksinya, yaitu ia  tidak bisa haid dan tidak bisa hamil akibat kanker serviks yang dideritanya.



 
6.Hamil duluan - tuty wibowo


Dari judul lagunya saja, lagu ini seolah - olah dengan enteng menghalalkan sebuah hal yang sama sekali tidak mendidik apalagi mayoritas penduduk indonesia adalah muslim dan hal tersebut dapat menjadi contoh yang kurang baik terutama bagi anak muda karena mencerminkan sebuah seks bebas dan vulgar. Lebih bijaknya, masih banyak pilihan kosakata yang lebih baik yang bisa diterapkan ke dalam lagu ini.berikut cuplikan lirik nya :


awalnya aku cium-ciuman
akhirnya aku peluk-pelukan
tak sadar aku dirayu setan
tak sadar aku ku kebablasan
ku hamil duluan sudah tiga bulan
gara-gara pacaran tidurnya berduaan
ku hamil duluan sudah tiga bulan
gara-gara pacaran suka gelap-gelapan

7.Cinta Satu Malam - Melinda


Satu lagi lagu yang kontroversial. yah, lagu yang dibawakan penyanyi wanita bernama Melinda ini mencerminkan seks bebas yang mulai marak di kalangan remaja saat ini. Di dalam lirik lagu ini terkandung pesan moral yang kurang baik yaitu cinta sesaat yang berkonotasi negatif.




8.Ga jaman punya pacar satu - Anita Kacha

Dari judul lagunya saja kita sudah bisa simpulkan kalau lagu ini telah memberikan informasi kepada kita untuk tidak setia kepada pasangan. Di lagu ini disebutkan
"kan aku sudah bilang cinta tak cukup satu, bukan hanya kamu yang ada di hatiku"
 Sang penyanyi menegaskan kalau dirinya itu bukan wanita yang setia karena dia mengakui kalau cinta itu tak cukup satu dan bukan cuma satu orang yang ada dihatinya, itu ga jaman. Ditambah lagi makna penggalan lirik yang berikut ini
 "Ngak jaman punya pacar satu saja,Enggak jaman pacaran harus setia"
silahkan anda artikan sendiri maknanya.





9.Abang Goda -Duo Serigala


abang dimana abang bang, abangku gak pulang-pulang
bilang mau cari uang, sampai kini eh belum datang
abang ada dimana bang, bbm tidak dibaca
sms gak balas juga, abang lagi sama siapa

Itulah sepengal lirik lagu dari lagu terbaru milik duo serigala. Sebenarnya lagu ini tidak kontroversial dari segi lirik lagu, justru yang membuat kontroversial adalah dari goyangan para personilnya, yang mereka sebut goyangan mereka dengan sebutan Goyang Drible. Goyangan ini lebih menonjolkan ke bagian dada mereka yaitu dengan menaik turunkan dan menggoyang goyangkan dada mereka sehingga dada mereka terlihat naik turun seperti layaknya orang yang sedang mendrible bola basket. Duo serigala ini beranggotakan Ovi Sovianti dan Pamela Savitri. Gosip terbaru yang muncul saat ini, salah satu personilnya yaitu Pamela Savitri mengunggah foto vulgar lewat instagram yang memamerkan buah dadanya secara utuh. Namun setelah dikonfirmasi kepada pihak yang terkait, akun instagram dari pamela savitri ini diakui telah dibajak oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Terlepas dari hal itu, Personil Duo Serigala ini memang gemar memamerkan buah dada mereka di publik karena memang ukuran dari buah dada para personil duo srigala ini memang menawan.

Demikian rangkuman kami mengenai lagu dangdut Indonesia yang penuh dengan kontroversi , semoga kita dapat mengambil hikmah dari rangkuman kami kali ini, agar kita bisa menyaring hal - hal yang patut ditiru atau yang tidak patut ditiru. Jika anda masih punya pendapat ataupun tambahan ide kepada kami mengenai musik dangdut kontroversial yang telah kami sebutkan tadi, atau mengenai hal yang berkaitan engan musik, silahkan berikan ide dan masukan anda kepada kami karena kami sangat mengapresiasi semua saran yang masuk. Jangan lupa juga simak terus update terbaru dari kami mengenai Kunci Gitar dan Tangga Lagu yang telah kami rangkum sebelumnya. Ikutu update terbaru dari kami pula dengan mengikuti akun -akun kami di media sosial yang telah kami sediakan. Cukup sekian rangkuman kami kali ini. Terimakasih. 

0 Response to "Lagu Dangdut Indonesia Kontroversial"