.

.

Variasi Menyetem Gitar Selain Standar/Tuning Alternatif

Tuning gitar atau ada yang pula yang menyebutnya dengan sebutan menyetel, menyetem, menyelaraskan atau tuning gitar adalah sebuah aktivitas yang biasa dilakukan oleh seorang pemain gitar baik pemula maupun mahir yang lazimnya dilakukan untuk menyesuaikan nada dari setiap senar gitar dari senar pertama sampai senar gitar ke enam dengan cara manual ataupun dengan bantuan alat. Sewajarnya, kegiatan ini seharusnya akan mampu dilakukan oleh seseorang yang bisa bermain gitar

Apakah sobat sendiri sudah bisa untuk menyetem gitar??  Untuk pembahasan tentang bagaimana cara untuk menyetem gitar tanpa bantuan alat, Pada posting kami sebelumnya kami telah membahas tentang Cara Menyetem Gitar Secara Manual

Tuning Gitar Alternatif

Dalam pembahasan Cara menyetem gitar kami sebelumnya, cara menyetem gitar yang kami pakai adalah cara menyetem gitar dengan nada standar atau steman gitar yang biasa kita pakai, yaitu dengan urutan nada EADGBE, Tetapi apakah sobat tahu kalau semua lagu yang kita dengar, diciptakan tidak hanya dengan menggunakan tuning gitar standar??? Ada beberapa pilihan steman gitar selain steman standar dan pada kesempatan kali ini akan admin bahas tuntas tentang beberapa variasi tuning/menyetem/menyetel gitar selain tuning gitar standar dan bagaimana keuntungan memakai alternate tuning/tuning alternatif selain tuning gitar standar ini.

Tuning alternatif ternyata mampu membuka pandangan baru bagi seorang pemain gitar sehingga pemain gitar tersebut dapat berekspresi dan berimajinasi melebihi nada yang diciptakan pada tuning gitar standar. Tuning gitar alternatif memungkinkan seorang pemain gitar untuk menciptakan kombinasi nada dari nada yang belum pernah diciptakan sebelumnya. Ada beberapa pilihan tuning alternatif, ada yang hanya merubah steman pada satu senar, dua senar, tiga senar bahkan semua senar dirubah stemannya.

Untuk steman/Tuning alternatif satu senar , yang paling favorit adalah Steman Gitar Drop D dimana senar E Rendah (senar yang paling besar) disetel turun satu nada yang seharusnya distem dengan nada E dirubah menjadi nada D. Keuntungan menyetem gitar drop D ini adalah penggunaan nada D dilakukan tanpa menekan senar, dan nada bass yang dihasilkan akan lebih rendah dari steman standar. Namun, untuk memainkan kunci lain dalam lagu, memerlukan jangkauan yang lebih lebar biasanya sebanyak 2 fret lebih jauh. Untuk cara menyetem gitar drop D sangatah mudah, silahkan tekan senar ke 5 (nada D) pada senar gitar sobat lalu selaraskan nadanya dengan senar no 6 (senar yang mau di drop ke D).

Ada lagi tuning alternatif lainnya yang sangat populer yaitu Open G (G Lepas). Sesudah disetel, Nada yang akan dihasilkan adalah nada kunci G tanpa menempatkan jari pada senar (loss senar). Untuk nada dari steman alternatif ini, Senar E rendah (senar 6) di drop ke D, Senar A(senar 5) dinaikkan ke G, dan E tinggi (senar 1) diturunkan ke D. Untuk enar lain tidak diubah. Musisi yang memakai steman g lepas ini adalah Rolling Stones.

Salah satu steman gitar alternatif/ steman gitar selain standar yang populer yang pernah kami jumpai adalah Steman Gitar Dsus4, yang lebih dikenal dengan pola DADGAD, untuk urutan penyetemannya : E rendah di drop ke D, A tidak dirubah, D tidak dirubah, G tidak dirubah, B disetel turun satu nada ke A, dan E yang tinggi di setel turun satu nada ke D.
Belajar steman gitar Dsus4 yang satu ini memang dbilang sulit pada awalnya, tapi dengan giat berlatih, sobat bisa memainkan beberapa variasi nada indah dari kunci mayor dan minor. Karena nada yang dihasilkan saat sobat melepas senar adalah membentuk kunci D sus4, Kunci terbaik untuk memulai nada dari seteman ini adalah kunci dari D, karena sobat akan sering memainkan senar teruka hapir di sepanjang lagu. Untuk steman alternatif Dsus4 ini berasal dari dalam musik celtic seperti folk.

Selain tuning alternatif diatas, masih banyak steman gitar lain yang belum kami kemukakan, dan setiap pemain gitar pun bebas untuk berkreasi menciptakan steman gitarnya sendiri. Untuk meningkatkan kreatifitas sobat dalam menciptakan lagu, simak artikel kami lainnya tentang Cara Memunculkan Ide Kreatif Dalam Membuat Lagu Ciptaan sendiri.

Dengan adanya artikel kami tentang Variasi Tuning gitar selain steman standar/Tuning Alternatif yang baru saja kami jabarkan, semoga dapat menjadi inspirasi dan tantangan baru bagi sobat yang ingin menghasilkan karya original yang kaya akan nada. Dalam tuning gitar alternatif ini, pemain gitar dituntut untuk kembali belajar memainkan lagu dengan steman yang tidak lazim seperti biasanya. Dalam hal ini, Banyak pemain gitar yang cenderung mengeksplorasi dan memfokuskan diri pada salah satu steman gitar alternatif yang ia pilih untuk ia pelajari dalam jangka waktu yang cukup panjang, baru kemudian beralih ke steman yang lainnya.

0 Response to "Variasi Menyetem Gitar Selain Standar/Tuning Alternatif"