.

.

Belajar Teknik Palm Mute Dengan Kirk Hammett - Gitaris Metallica

Teknik Palm Mute Kirk Hammett
Mungkin nama Kirk Hammett sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat, terlebih lagi bagi para pemain gitar di dunia termasuk di Indonesia. Ia adalah lead gitar dari sebuah band musik cadas yang sangat legendaris yaitu Metallica. Beberapa kali juga band ini sempat melakukan konser musiknya di Indonesia. Dan apakah sobat tahu bahwa ternyata banyak orang yang beranggapan bahwa kirk hammett adalah seseorang yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan musik hard rock di dunia yang berarti ia adalah seorang legenda untuk musik hard rock yang masih hidup hingga saat ini selain Edward Van Halen .

Kirk Hammett juga banyak memberikan inspirasi dan memberikan pengaruh terhadap bentuk dan teknik permainan gitar dari pemain gitar lainnya, sebagai guru dalam belajar gitar mereka, entah melalui video tutorial di youtube, video live concert, video solo gitar, DVD private teknik gitarnya maupun bentuk pembelajaran yang lain. Pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan beberapa dialog dari Kirk Hammett tentang permainan gitarnya di metallica dan pembahasan serta saran tentang pentingnya teknik palm Mute. Teknik Palm Mute biasanya digunakan oleh seorang pemain gitar yang suka dengan aliran musik keras .

James Hetfield, yang kita kenal sebagai vokalis dan pendiri dari Metallica serta ia juga merangkap menjadi pemain rhytm gitar. Saat Hammett memutuskan untuk bergabung dengan Band Metallica ini, Ia pun mulai belajar dengan berfokus pada sisi permainannya sendiri. " Meskipun saya adalah seorang gitaris, saya akan mengatakan bahwa 95 persen dari waktu saya yang habiskan di atas panggung adalah untuk bermain ritme" Tutur Hammett seperti dikutip dari guitarworld.com.

"Akibatnya, tidak peduli seberapa jago skill anda dalam bermain lead gitar, jika permainan ritme anda buruk, band anda tidak akan berkembang. Ketika anda bermain ritme dalam Band seperti Metallica, apa benar tangan kanan anda tidak benar-benar penting. Jelas, apa yang tangan kiri anda lakukan sangat penting juga. tapi, karena banyak riff dari lagu kami yang banyak menggunakan permainan senar terbuka, dan juga power chord yang relatif sederhana untuk permainan jari. Yang membuat lagu akan hancur adalah teknik dari tangan kanan dimana tangan kanan harus menggunakan teknik membuka dan menutup nada pada timing yang tepat" imbuhnya. Untuk mengetahui lebih detail teknik tangan kanan pada gitar, silahkan simak penjelasan kami tentang Istilah dalam Teknik Picking Yang Perlu Diketahui.

Menurutnya, kesalahpahaman umum tentang nada power chords pada band nya. " Hal pertama yang mesti saya katakan adalah bahwa suara renyah dari musik Metallica lebih bersih daripada harapan orang lain" Menurut Hammett. Untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang apa sih yang dimaksud power Chords, silahkan simak artikel kami tentang penjelasan Power Chords.

"Jujur sebenarnya selera saya dalam nada pasti berubah dari tahun ke tahun. Saya tidak suka menggunakan banyak distorsi pada musik saya untuk saat ini. Saya lebih menginginkan untuk lebih memilih nada agar lebih bagus dan renyah. Jangan salah paham, Distorsi sangat penting, tetapi pasti ada suatu titik dimana jika anda memakainya terlalu banyak, hanya akan menghancurkan nada dan musik anda. Anda akan kehilangan detail dari musik anda"

 

Pentingnya Teknik Muting (mematikan nada) menurut Kirk Hammett


"Banyak riff kami melibatkan telapak tangan kanan dalam mematikan nada (Paml Muting), Teknik ini sebenarnya cukup mudah untuk dikuasai" Tegasnya. Hammet juga memberikan beberapa saran bagaimana menggunakan teknik muting.

1. Untuk teknik palm mute dari sebuah kunci gitar atau nada yang benar, rebahkan bagian bawah telapak tangan kanan anda tepat pada bridge gitar anda, jangan terlalu jauh sebab anda akan kehilangan detail dari nada anda dan akan terdengar gaduh serta membosankan.
2. Jika anda memakai gitar dengan bridge gitar yang tetap/statis, seperti gitar Les Paul atau ESP Explorer Hetfield, akan lebih berat untuk menggunakan teknik muting. " Tapi jika anda menggunakan gitar dengan bridge yang memakai sistem whammy dimana bridge akan dapat naik turun seperti gitar yang saya pakai, anda harus lebih berhati-hati. Jika anda bersandar terlalu keras pada bridge gitar anda saat anda memainkan teknik palm muting, anda akan menekan bridge kebawah dan akan membuat nada gitar anda naik dan fals" Hammett memperingatkan.

0 Response to "Belajar Teknik Palm Mute Dengan Kirk Hammett - Gitaris Metallica"