.

.

Mengenal Chord Gantung Dalam Permainan Gitar

Apa sih arti chord/kunci gantung pada permainan gitar?? Sobat pasti bertanya-tanya mengenai arti dari pertanyaan tadi, untuk itu kami akan mencoba untuk memberikan penjelasan tentang arti dari chord/kunci gantung. Arti Chord/kunci gantung pada permainan gitar yang pasti bukanlah gantungan kunci maupun kunci yang sedang digantung. Dalam permainan gitar, kunci gantung dapat diartikan sebagai sebuah teknik menekan senar dalam fret gitar dimana titik penekanan pada senar tersebut lebih banyak jumlahnya dibandingkan dengan penekanan senar pada chord dasar. Pada umumnya, dalam memainkan sebuah chord/kunci gantung diperlukan 4 jari untuk memainkannya.

Contoh Kunci Gantung
Contoh Kunci Gantung


Bagi seorang pemain gitar yang menyukai aliran keras dan gemar dalam memainkan musik yang didominasi oleh suara distorsi seperti aliran musik Rock, Hardcore, Metal dll, ada sebuah pola kunci gitar yang harus dikuasai yaitu power chords. Apakah yang dimaksud dengan power chords?? Simak penjelas kami tentang Power Chords.
Chord gantung digunakan sebagai alternatif dalam memainkan kunci gitar agar nada yang dihasilkan memiliki nuansa yang beda dibandingkan dengan chord dasar.

Kunci gantung merupakan tahap lanjutan dalam belajar gitar untuk pemula, dimana sebelumnya sobat harus menguasai dulu kunci/chord dasar gitar. Untuk itu sebelum sobat mulai belajar kunci gantung pada gitar, silahkan sobat pelajari penjelasan kami sebelumnya yang berkaitan dengan kunci dasar gitar dalam Belajar Gitar Untuk Pemula Yang Benar.

Banyak pemain gitar pemula yang menganggap bahwa memainkan kunci/chord gantung dirasa lebih sulit daripada memainkan kunci/chord dasar. Alasan mengapa kunci gantung lebih sulit adalah semua jari sobat dituntut untuk lebih luwes dan lebih kuat untuk menekan beberapa titik senar pada fret gitar karena pada kunci gantung, biasanya terdapat 4 titik yang harus ditekan, berbeda dengan kunci dasar dimana senar yang ditekan lebih simpel dan lebih sedikit jumlahnya.

Apa sih keuntungan menggunakan kunci gantung?? Kunci gantung memiliki variasi yang lebih banyak dalam memainkan sebuah gitar, berbeda dengan kunci dasar yang jumlahnya lebih sedikit.

Kunci Dasar : A-B-C-D-E-F-G-A
Kunci Gantung : A-A#/Bb-C-C#-D-D#-E-F-G-G#-A

Dari kedua pola kunci dasar dan kunci gantung diatas, jelas terlihat perbedaannya kan, dimana pada kunci gantung, setiap fretnya mempunyai nilai nada dan dapat dimainkan. Untuk lebih jelas mengenai partiture kunci gantung, silahkan simak gambar dibawah ini.

Fretboard Kunci gantung

Ada sebuah fakta yang menarik pada kunci gantung, yaitu terdapat persamaan posisi jari dalam menekan sebuah fret pada gitar antara barisan bagian atas dan barisan bagian bawah. Persamaan posisi menekan tadi menghasilkan nada yang berbeda antara barisan atas dan barisan bawah. Jika sobat menekan posisi nada mayor pada barisan atas, akan menghasilkan nada minor pada barisan bawah. Untuk lebih jelasnya, silahkan sobat cermati gambar dibawah ini.



Chord Gantung Mayor
Gambar A : Barisan Atas Menghasilkan Nada Mayor

Kunci gantung Minor
Gambar B : Barisan Bawah Menghasilkan Nada Minor

Sekarang sobat perhatikan Gambar A dan Gambar B. Posisi penekanan jari pada gambar A dan B memiliki persamaan posisi jari dalam menekan fret, namun nada yang dihasilkan berbeda yaitu antara mayor dan minor.

Dasar yang digunakan untuk mengetahui nilai kunci gitar dari kunci gantung ialah posisi telunjuk sobat, yang merupakan kunci dasar bass, dan biasanya yang perlu dihafal adalah senar nomor 6 dan senar nomor 5 .

Senar 5 Kolom 1 : Bb         Senar 6 Kolom 1 : F                                    
Senar 5 Kolom 2 : B           Senar 6 Kolom 2 : F#
Senar 5 Kolom 3 : C           Senar 6 Kolom 3 : G                                    
Senar 5 Kolom 4 : C#         Senar 6 Kolom 4 : G#                                  
Senar 5 Kolom 5 : D           Senar 6 Kolom 5 : A 
Senar 5 Kolom 6 : D#         Senar 6 Kolom 6 : Bb
Senar 5 Kolom 7 : E
Senar 5 Kolom 8 : F

Dari keterangan diatas, sobat tinggal hafalkan nilai nada pada setiap senar dan kolom, sehingga sobat memiliki patokan dalam memainkan kunci gantung.

0 Response to "Mengenal Chord Gantung Dalam Permainan Gitar"