.

.

Jenis Chord Pada gitar Yang Perlu Diketahui Gitaris

Berhubung sobat penasaran dan mencari - cari artikel tentang Jenis Chord pada gitar, yang pada akhirnya sobat terdampar ke website kami dan menemukan artikel ini, sebagai bentuk rasa terimakasih kami atas kunjungan sobat, kami akan memberikan beberapa jenis dan penjelasan tentang Jenis Chord Pada gitar Yang Perlu Diketahui Gitaris. Apabila dilihat secara teknis tentang bagaimana bentuk chord gitar, posisi penekanan jari pada fret dan hubungan kunci gitar yang satu dengan yang lainnya, Jenis chord pada gitar memiliki dua macam jenis yang harus sobat ketahui. Jenis Chord apa sajakah itu?? Silahkan langsung simak saja penjelasannya.

 

1. Open Chords


Contoh Open Chords
Contoh Movable Chords - Kunci D minor
Apa yang dimaksud open chords?? Open Chords adalah suatu bentuk chord yang memungkinkan sobat untuk memainkan sebuah kunci gitar dengan kondisi beberapa senar yang masih terbuka (open string). Open string sendiri adalah situasi disaat sobat memetik senar gitar tanpa melakukan sebuah penekanan pada salah satu fret pada suatu senar gitar. Untuk beberapa contoh dari kunci gitar yang termasuk dalam open chords, silahkan sobat perhatikan contoh gambar dibawah.

Open Chords
Contoh Open Chords
Nah sekarang silahkan sobat cermati pada gambar diatas, sobat dapat melihat bahwa di dalam contoh chord diatas terdapat beberapa senar yang dibiarkan terbuka. Sebagai contoh perhatikan gambar chord G. Senar pada chord G, posisi senar ke 2,3 dan 4 dibiarkan terbuka tanpa melakukan penekanan pada senar. Demikian pula untuk chord lainnya yang sobat dapat cermati senar mana saja yang tidak perlu untuk ditekan. (Untuk keterangan lain pada gambar diatas, tanda X mempunyai arti bahwa senar tersebut tidak boleh dipetik, dan tanda O mempunyai arti bahwa senar tersebut dalam kondisi open string dan boleh dipetik).
Yang termasuk dalam open chord adalah kunci dasar pada gitar. Untuk mengetahui lebih detail tentang kunci dasar gitar, simak penjelasan kami tentang Kunci Dasar Gitar

 

2. Movable Chords


Untuk jenis chord secara teknis yang ke dua adalah Movable Chord. Movable memiliki arti bahwa kunci yang sobat mainkan dapat digeser. Beberapa macam jenis chord pada gitar yang termasuk dalam movable chord adalah kunci gantung.

Kunci gantung - Movable Chords
Contoh Movable Chord - Kunci Gantung
Sebagai contoh, Sekarang silahkan sobat praktekkan pada gitar sobat dan mainkan kunci F gantung. Setelah itu silahkan geser posisi jari sobat 2 fret ke bawah (naik nada) tanpa merubah bentuk chord yang sobat mainkan. Apa yang terjadi?? Sekarang kunci yang sobat mainkan telah berubah dari yang semula F menjadi G tanpa merubah posisi jari. Itulah mengapa kunci gantung merupakan salah satu contoh dari movable chord.  Untuk penjelasan yang lebih detail mengenai kunci gantung, silahkan simak artikel kami tentang Kunci Gantung.
Pola Kunci Gantung
Pola Kunci gantung


Perhatikan gambar pola kunci gantung diatas, dalam gambar diatas tidak terdapat senar dalam keadaan terbuka/open string. Kalaupun ada senar pada posisi yang terbuka, terdapat tanda X yang berarti senar tersebut tidak boleh dimainkan.

Satu lagi contoh dari movable chord adalah Power Chords. Power Chords biasa digunakan dalam aliran musik keras seperti musik rock dan beberapa musik lainnya. 
Contoh Movable Chods - Power Chords


Pola Power Chords
Silahkan perhatikan gambar pola power chords diatas. Semua bentuk kunci gitar diatas memiliki kesamaan posisi menekan senar pada fret. jadi untuk memainkan kunci/chord ini, sobat hanya perlu menggeser jari sobat tanpa perlu merubah posisi jari. Hal inilah yang menyebabkan Power Chords termasuk dalam kategori movable chords.

Untuk lebih jelas dan detailnya, silahkan sobat simak juga artikel kami lainnya mengenai Power Chords.

0 Response to "Jenis Chord Pada gitar Yang Perlu Diketahui Gitaris"