.

.

Penjelasan Tentang Power Chords

Mungkin bagi sebagian pemain gitar pemula, istilah Power Chords terdengar asing di telinga mereka. Namun sebenarnya teknik power chord ini kami yakin sangat sering sobat temui atau bisa jadi malah sobat sering mainkannya walaupun tanpa sengaja. Apalagi jika sobat hobby mendengarkan atau memainkan musik keras seperti musik rock, karena pada kenyataannya banyak group band atau pemain gitar yang menggunakan jenis kunci ini. Keunikan dari power chords, kita tidak terikat oleh adanya nada mayor maupun nada minor, karena power chord dapat mensubstitusi kedua nada tersebut.

Sebenarnya, awal terciptanya power chords adalah saat musik blues mulai muncul dan digemari oleh para pecinta musik. Baru kemudian power chords mulai diminati oleh aliran musik lainnya seperti Grunge, Jazz, Reggae, Rock bahkan laagu dangdut masa kini pun sering menggunakan jenis chord ini karena  chord ini memang sangat simple dan mempunyai karakter nada, apalagi jika disandingkan dengan dentuman distorsi. Jika mendengar kata distorsi, tak lengkap rasanya jika kita tidak membahas mengenai cara memetik pada musik rock. Simak juga penjelasan kami tentang teknik palm mute bersama kirk hammett - gitaris Metallica.

Power Chords

Untuk power Chords sendiri, adalah kunci/chord yang hanya memiliki dua nada saja yaitu nada "Root Note", atau jika kita susun dalam tangga nada, nada dasar dari power chord adalah "Do" dan "Sol" walaupun dalam prakteknya, antara Do tinggi dan Do rendah kadang keduanya ditekan dan dimainkan secara bersamaan, Itulah mengapa jenis kunci ini dapat mensubstitusi antara nada mayor dan minor karena hanya mengambil root dasar. Untuk penulisan power chord, biasa ditulis dengan angka 5 dibelakangnya, contohnya :G5,A5,B5,C5 dan lainnya.

Praktek Power Chords Sebagai Panduan Belajar Gitar Untuk Pemula

Power Chords 2 jari
Power Chords 2 jari
Power Chords 3 Jari
Power Chords 3 Jari


Sekarang kita praktekkan salah satu contoh kunci power chords dengan 3 jari dari gambar diatas. Sebagai sampel, kita ambil kunci G Power chords. Berikut bentuk penempatan jari pada kunci G power chords :
- Tekan senar 6 kolom ke 3 dengan jari telunjuk sobat
- Tekan senar ke 5 kolom ke 5 dengan jari manis sobat.
- Tekan Senar ke 4 kolom ke 5 dengan jari kelingking sobat.

Setelah sobat menguasai bentuk kunci dari power chords, Sebagai catatan penting adalah posisi penekanan jari telunjuk pada senar merupakan patokan sebagai kunci dasar yang akan kita pakai, berbeda dengan kunci dasar.(simak juga penjelasan kami tentang Kunci Dasar Gitar)

Patokan Penempatan Jari Telunjuk Pada Fretboard Gitar

Selain power chords, ada salah satu bentuk kunci gitar lain yang juga  terpengaruh dengan penempatan jari telunjuk  yaitu kunci gantung. Apa yang dimaksud kunci gantung?? simak artikel kami tentang penjelasan kunci gantung.

Harapan kami semoga dengan adanya artikel ini semoga dapat menambah wawasan dan kemampuan sobat dalam belajar gitar.

0 Response to "Penjelasan Tentang Power Chords "