.

.

Kelebihan Gitar Akustik Sebagai Instrumen Belajar Gitar Bagi Pemula

Terlepas dari kenyataan bahwa gitar akustik merupakan instrumen yang sering dipakai oleh mayoritas pemain gitar pemula dalam belajar gitar mereka, ternyata ada beberapa faktor yang dapat dijadikan alasan mengapa gitar akustik sangat dianjurkan bagi sobat yang masih pemula dalam belajar bermain gitar. Hal pertama, bagi keseluruhan instrumen akustik (Bukan hanya gitar) mempunyai ciri khas dan memiliki suara yang lebih alami atau natural dan merdu sehingga dapat lebih memberikan imajinasi yang luas serta dapat meningkatkan feeling dalam bermain gitar. untuk lebih jelas bagaimana cara meningkatkan feeling dalam bermain gitar, simak artikel kami sebelumnya mengenai cara meningkatkan feeling dalam bermain gitar.

Gitar Akustik
Sebelum lebih jauh kita bahas mengenai kelebihan gitar akustik sebagai instrumen belajar gitar bagi pemula, jika sobat masih pemula dalam bermain gitar, simak artikel kami sebelumnya mengenai Hal yang harus diperhatikan oleh pemain gitar pemula

Oke, sekarang kita bahas lebih detail lagi khusus untuk gitar akustik yang menjadi pertimbangan dan alasan mengapa dalam belajar gitar untuk pemula, gitar akustik lebih dianjurkan untuk digunakan  daripada menggunakan gitar listrik langsung.

Salah satu alasan terbesar dan yang paling utama kenapa anda lebih baik dan dianjurkan untuk menggunakan gitar akustik dalam belajar gitar adalah untuk memainkan sebuah gitar akustik akan jauh lebih sulit dibandingkan menggunakan gitar listrik.
 "Lho bukannya saya ini pemain gitar pemula, mengapa saya dianjurkan untuk belajar gitar dengan instrumen yang lebih sulit digunakan???
Mungkin dalam benak sobat timbul pertanyaan seperti itu, untuk jawaban atas pertanyaan tersebut adalah untuk instrumen gitar akustik, jarak antara fretboard dan senar gitar akan relatif lebih tinggi, sehingga saat memainkan gitar akustik, akan memerlukan tenaga yang lebih besar sehingga akan meningkatkan kekuatan tangan, jari dan massa otot sobat. Hal ini sangat baik untuk perkembangan latihan bermain gitar sobat. Apalagi jika sobat dapat menguasai sepenggal permainan gitar atau lick gitar dari suatu lagu. Jika sobat dapat memainkan lagu tersebut pada gitar akustik, sobat pasti akan dapat memainkannya jauh lebih bersih dan akan membuat lagu tersebut terdengar jauh lebih menarik saat dimainkan dengan gitar listrik. Mengapa?? karena dalam penekanan fret pada gitar listrik akan jauh lebih ringan dan halus daripada gitar akustik.

Alasan ke dua mengapa gitar akustik lebih baik digunakan sebagai instrumen belajar gitar untuk pemula adalah pada gitar akustik memiliki komponen kayu bagian atas (bagian body gitar ke atas) lebih berat dan senar gitar yang lebih tebal dibandingkan dengan gitar listrik. Dapat diartikan, sobat harus memetik dan menekan senar sedikit lebih kuat dan keras untuk mebunyikan gitar akustik. Inilah salah satu alasan mengapa gitar akustik umumnya dibuat lebih tinggi jarak senar ke fretboardnya sehingga relatif lebih sulit untuk ditekan. Leher gitar akustik juga jauh lebih tebal dibandingkan dengan gitar listrik. Dan inipun dapat menjadi salah satu sarana latihan dalam menyempurnakan sebuah karya musik, sehingga saat menggunakan gitar listrik dapat lebih benar - benar menguasai musik tersebut dengan lebih sempurna.

Ketiga, berkaitan dengan teknik tangan kanan dan tangan kiri, teknik seperti legato, Hammer-On, Pull-Off dan teknik yang lebih sulit seperti chicken picking dan sweep picking, jika sobat dapat memainkan teknik - teknik gitar tersebut dengan sempurna pada gitar akustik, permainan gitar sobat akan terdengar benar - benar super bersih saat sobat menggunakan teknik gitar tersebut pada gitar listrik.

Terlepas dari hal tadi, gitar akustik jelas terdengar lebih menarik pada iramanya, terlepas dari genre yang sobat sukai. Jika sobat mengalami kendala mengapa permainan gitar sobat tidak sebersih dan seindah pemain aslinya atau gitaris lain walaupun dengan lick atau lagu yang sama. Kami sarankan sobat untuk memainkan lagu atau lick gitar tersebut dengan menggunakan gitar akustik telebih dahulu sampai nada yang dihasilkan akan benar - benar bersih dan rapi baru kemudian mainkanlah lagu tersebut pada gitar listrik.

Dalam belajar bermain gitar, pasti sobat akan menemukan sebuah hambatan, hambatan apa sajakah yang akan sobat temui?? simak juga artikel kami mengenai hambatan belajar gitar bagi pemula dan bagaimana cara mengatasinya .

Terimakasih telah membaca artikel singkat dari kami, silahkan like dan share artikel dari kami jika sekiranya bermanfaat bagi sobat.

0 Response to "Kelebihan Gitar Akustik Sebagai Instrumen Belajar Gitar Bagi Pemula"