.

.

Tips Memilih Senar Gitar Listrik Dan Gitar Akustik

http://kuncichord-gitar.blogspot.com
Memilih senar gitar kadang memang membuat kita bingung untuk memilih dari berbagai karakter suara, jenis, ukuran dan bahan dari senar gitar yang akan kita pilih. Tips dari kami kunci chord gitar kali ini akan memberikan panduan untuk memilih senar gitar sesuai dengan keinginan sobat. Kami akan menjelaskan beberapa prinsip dasar senar gitar yang menggambarkan hasil suara yang akan dihasilkan untuk gitar anda.

Ukuran Senar Gitar

Untuk Sobat ketahui, semakin besar diameter senar gitar, akan menghasilkan suara yang lebih besar atau nge bass. Hal ini juga membutuhkan kekuatan tangan yang lebih untuk memainkan beberapa permainan gitar seperti bending, apalagi jika sobat adalah seorang pemain gitar pemula, yang dikhawatirkan akan mengakibatkan terjadinya cidera pada jari sobat. Untuk senar yang lebih kecil diameternya, akan menghasilkan suara yang lebih kecil atau treeble dan akan mudah jika diajak untuk bending, tinggal sobat mengontrol kekuatan bendingannya, agar nadanya tidak ketinggian . Untuk 1 paket senar gitar yang ukurannya lebih kecil secara keseluruhan, akan menghasilkan suara yang lebih tajam, jelas dan cerah dan sebaliknya untuk satu paket senar gitar yang berukuran secara keseluruhan lebih besar, akan menghasilkan suara yang lebih besar, dan dalam.

Untuk gitar listrik, senar gitar yang umumnya dipakai adalah senar gitar nomor 10. Sedangkan untuk gitar akustik, senar yang umumnya dipakai oleh kebanyakan orang adalah nomor 11, yang berukuran sedikit lebih besar dari ukuran senar gitar listrik pada umumnya.
 

 

Jenis Senar Gitar dan Karakteristik Suaranya

Pada umumnya, senar gitar yang sering dipakai adalah senar nilon dan baja. Untuk senar gitar berbahan nilon sendiri, lebih sering dipakai pada gitar - gitar klasik. Untuk senar baja sendiri, dipecah lagi menjadi beberapa kategori yang umum dipakai seperti perunggu, perunggu fosfor, dan Coated. Berikut penjelasannya.
  • Perunggu (Bronze) : Karakteristik suara yang dihasilkan senar dari bahan ini lebih terang, cocok untuk lagu yang ceria. Namun kelemahan dari bahan ini adalah tidak tahan lama terhadap karat sehingga jangka pemakaian relatif singkat.
  • Fosfor Perunggu (Phosphor Bronze) : Karakteristik suara yang dihasilkan dari bahan ini masih cenderung terang tapi tidak seterang bahan perunggu. Cocok untuk para pemain gitar solo yang lebih banyak bermain memetik, tapping. Bahan senar Phospor Bronze ini akan lebih tahan lama dibandingkan dengan bahan perunggu (Bronze) karena kandungan Fosfor yang membantu mencegah timbulnya karat.
  •  Coated : Karakteristik suara yang dihasilkan dari bahan ini tidak seterang dari kedua bahan yang sudah kami sebutkan sebelumnya, namun ketahanan dari bahan senar ini lebih lama dibandingkan dengan kedua bahan tadi.
Penyebab utama senar gitar menjadi berkarat adalah kelembaban udara, serta kelembaban dari tangan sobat, apalagi jika jari sobat lebih mudah berkeringat karena kandungan natrium dari keringat sobat dapat mempercepat terjadinya oksidasi dalam logam senar tadi.

Setelah kita jabarkan beberapa penjelasan singkat mengenai senar gitar, sekarang tinggal tugas sobat untuk menyesuaikan senar gitar mana yang akan sobat pilih sesuai dengan aliran musik dan selera sobat agar musik yang dihasilkan dari permainan sobat akan menjadi lebih maksimal dan sesuai genre. Setelah itu, jika sobat kesulitan untuk menyetem senar gitar, simak juga artikel kami sebelumnya mengenai cara menyetem gitar.
Demikian penjelasan kami mengenai cara memilih senar gitar elektrik dan gitar akustik, semoga artikel kami kali ini dapat bermanfaat bagi sobat. Maju terus musik Indonesia.

0 Response to "Tips Memilih Senar Gitar Listrik Dan Gitar Akustik"