.

.

Cara Mengembangkan Kreativitas Bermain Gitar

Apakah sobat berpikir bahwa untuk menjadi pemain gitar yang kreatif harus memiliki beberapa bakat alami yang hanya dimiliki oleh seorang yang mendapat karunia tersebut dari lahir? Keyakinan yang seperti inilah yang banyak membunuh mimpi seorang pemain gitar untuk dapat menjadi seorang pemain gitar yang hebat. Jika sobat beranggapan seperti itu, lantas apakah gunanya sobat repot - repot belajar gitar sedangkan sobat sendiri belum tahu apakah sobat mempunyai bakat alami atau tidak. Pada kenyataannya, siapapun bisa belajar untuk menjadi seorang pemain gitar yang sangat kreatif setelah sobat dapat memahami hal-hal yang dapat menghambat tujuan sobat tersebut serta dapat mengikuti beberapa strategi yang dapat mengembangkan kreativitas sobat dalam bermain gitar.
  
Beberapa hal yang membuat seseorang tidak kreatif dalam bermain gitar :
  • Sobat hanya menunggu mendapatkan inspirasi yang datang dengan sendirinya tanpa membangun sebuah konsep pemikiran untuk memunculkan ide - ide kreatif.
  • Sobat tidak dapat memahami bahasa musik. Bayangkan jika sobat berada di luar negeri tanpa sobat tahu bahasa dari negara tersebut. Mungkin banyak hal yang ingin sobat ungkapkan namun sobat tidak dapat berkomunikasi dengan orang lain. Sama juga halnya dengan musik. Mungkin sebenarnya banyak ide yang datang kedalam pikiran sobat namun sobat kesulitan untuk mengungkapkan ide tersebut ke dalam bahasa musik tentunya.
  • Sobat sering mengabaikan ide-ide kecil yang kadang datang sewaktu - waktu dan menganggap ide-ide tersebut tidak cukup baik menurut sobat lalu sobat melupakan ide tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini sobat perlu membuat strategi yang membantu sobat memanfaatkan inspirasi yang datang kepada sobat setiap saat.

Cara mendapatkan sebuah ide atau gagasan musik.
  •  Sadarkan diri sobat bahwa sobat sedang mempunyai ide baru.
Apakah Sobat pernah belajar sebuah kata baru yang belum pernah digunakan oleh sobat sebelumnya yang tanpa disadari sebenarnya sering digunakan oleh orang lain dalam bahasa sehari-hari mereka. Setelah di cermati baik-baik ternyata kata tersebut memang relevan menurut sobat.
Sobat juga dapat menerapkan konsep tadi untuk mengarahkan pikiran sobat untuk mencari ide-ide kreatif. Mulailah dengan mengubah cara sobat mendekati musik. Mulai sekarang, jangan hanya mendengarkan musik secara pasif, namun hayati ide-ide musik tertentu dengan detail. Misalnya memilih salah satu instrumen untuk didengar dan dihayati pada salah satu bagian lagu yang nadanya asing menurut sobat (Mencari sesuatu yang tidak pernah didengar atau tidak pernah terpikirkan sama sekali).
  •  Selalu siap menangkap inspirasi sobat.

Inspirasi tidak akan selalu datang disaat yang diinginkan, Sehingga sobat harus selalu siap untuk menyelamatkan ide sobat yang muncul sewaktu-waktu. Pastikan sobat selalu menyiapkan alat tulis atau alat perekam agar sewaktu-waktu muncul ide segar sobat, ide tersebut tidak hilang dengan sia-sia.
  • Simpan semua ide yang ada di pikiran sobat.

Mulai sekarang, fokus pada kuantitas ide-ide sobat, bukan pada kualitas ide yang sobat buat. Semua ide yang muncul difikiran sobat harus dipastikan selalu disimpan dalam bentuk tulisan atau rekaman untuk suatu saat dapat sobat review, diperbaiki atau di tingkatkan. Sesuatu hal yang menakjubkan kadang berasal dari sesuatu hal yang aneh atau tidak kita sangka-sangka.
  • Rangkai ide sobat ke dalam sebuah lagu.
Setelah sobat mengumpulkan banyak ide mentah, sobat harus mengubahnya kedalam sebuah karya seperti lagu atau solo gitar. Disini memang sangat dibutuhkan sebuah pengetahuan tentang teori musik. semakin banyak pengetahuan yang sobat miliki, sobat akan lebih dapat mengekspresikan ide-ide segar sobat dengan akurat ke dalam sebuah lagu yang sobat buat. Untuk itu, simak artikel kami lainnya yang berkaitan dengan belajar gitar, agar dapat meningkatkan pengetahuan sobat dalam bermain musik khususnya alat musik gitar. Kami juga telah menyiapkan Tangga Lagu Terbaru sebagai referensi sobat tentang lagu terbaru dan memperkaya pengetahuan sobat tentang lagu terbaru yang diminati masyarakat saat ini. 

Sekarang, sobat sudah mengetahui beberapa cara mengembangkan kreativitas dalam bermain gitar, sekarang tinggal penerapan sobat ke dalam kegiatan sobat sehari-hari agar ide mentah yang ada difikiran sobat dapat dimanfaatkan dengan maksimal ke dalam sebuah karya yang bisa jadi akan menjadi luar biasa dan fenomenal.

0 Response to "Cara Mengembangkan Kreativitas Bermain Gitar"