.

.

Tekhnik dan Cara Belajar Bermain Gitar

Kali ini kami akan membagikan beberapa tips tentang tekhnik cara belajar bermain gitar bagi anda yang berkeinginan untuk bisa memainkan sebuah alat musik yang populer di dunia ini. Pada dasarnya, belajar bermain gitar sangatlah mudah jika anda membuang jauh-jauh sifat pesimis yang ada pada fikiran anda yang hanya akan mematahkan semangat anda dalam belajar bermain gitar, anda harus yakin pada potensi diri anda serta harus didukung dengan latihan yang tekun dan teratur.

Kuncichord-gitar.com adalah situs Majalah Gitar Indonesia yang menyediakan berbagai artikel menarik yang dapat meningkatkan pengetahuan sobat dalam belajar gitar, kumpulan kunci gitar terbaru dan terpopuler, disertai dengan lirik lagu serta berbagai artikel menarik lainnya yang berkaitan dengan gitar dan musik.

Belajar Bermain gitar

Berikut beberapa tips agar anda dapat dengan cepat menguasai permainan gitar :

 fingering

Senam jari atau yang disebut fingering, adalah salah satu faktor utama dan faktor dasar untuk menunjang kemampuan anda dalam belajar bermain gitar.Sebelum anda memulai menghafal kunci gitar, alangkah baiknya anda melakukan latihan fingering terlebih dahulu dengan tujuan agar otot-otot jari anda kuat, karena dibalik jari yang kuat,terdapat jiwa yang sehat...upsss...Maksudnya, sebelum kita membangun sebuah rumah, pastinya kita harus membangun pondasinya dulu kan, begitu juga dengan belajar bermain gitar, jika anda sudah terbiasa dengan fingering, pada saat anda mulai belajar menghafal kunci gitar, jari anda sudah terbiasa melakukan gerakan dan tidak kaget, apalagi loyo untuk menekan senar gitar. Fingering  juga dapat mempercepat proses belajar perpindahan kunci dari kunci gitar satu ke kunci gitar yang lain. Latihlah seluruh jari anda dari jari telunjuk, jari tengah, jari manis dan jari kelingking pada fret-fret gitar. Usahakan keempat jari anda agar terpakai semua, latihlah dengan tempo pelan dulu dan diwajibkan artikulasi nadanya harus jelas, serta jangan terburu-buru. Jika anda sudah mulai terbiasa, perlahan lahan naikkan tempo fingering anda sampai jari anda terasa lemas dan tidak mempunyai tenaga.Tapi jangan khawatir, rasa lemas tersebut justru sebagai indikasi kalau otot-otot jari anda mulai menguat. Latihlah jari anda secara teratur selama 1 sampai 6 jam setiap hari.

Menghafal Kunci Gitar

Setelah anda merasa otot jari anda sudah kuat untuk menekan senar gitar, mulailah anda belajar menghafal kunci gitar. Fokuskan latihan anda pada kunci dasar dulu, sampai anda benar benar hafal dari kunci A sampai kunci G, serta latihlah jari anda untuk melakukan perpindahan kunci gitar dari kunci gitar yang satu ke kunci yang lain. Simak penjelasan kami tentang pengenalan kunci pada gitar :
Kunci Gantung
 
Menyetem gitar

Kegiatan menyetem gitar kadang dianggap sebagai kegiatan yang sepele, karena banyak terdapat alat2 penunjang yang dijual di toko-toko musik terdekat. Namun bagi pemain gitar pemula, kegiatan ini justru dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan daya imajinasi dan meningkatkan feeling anda. Untuk steman gitar standar, urutan dari senar satu (senar terkecil) sampai senar ke enam adalah nada E,B,G,D,A,E (posisi loss senar). Berikut sedikit penjelasan dalam melakukan penyeteman gitar : Untuk anda ketahui, nilai setiap fret (kolom) gitar adalah setengah nada, coba lakukan penyeteman gitar anda dari senar no 1 (senar yang paling kecil),kemudian kencangkan senar tersebut sesuai keinginan anda.Jika anda rasa senar no 1 tersebut sudah sesuai nadanya, lakukan penyeteman pada senar berikutnya (senar no 2). Tekan fret ke 5 kemudian sesuaikan dengan senar 1 dalam posisi loss senar. Untuk penyeteman senar no 3, tekan fret ke 4 kemudian sesuaikan dengan senar no 2 posisi loss senar. Untuk penyeteman senar no 4,5,6, cara penyetemannya sama dengan penyeteman pada senar no 2 yaitu tekan fret ke 5 dan sesuaikan nadanya dengan senar sebelumnya. Untuk lebih jelasnya, simak artikel kami mengenai Cara menyetem Gitar.


Memetik Gitar

Banyak pemain gitar pemula yang melupakan akan pentingnya tekhnik memetik gitar. Justru tekhnik memetik gitar inilah yang menjadi faktor yang sangat berpengaruh terhadap kualitas permainan gitar anda, agar dapat menghasilkan suara gitar yang jernih dan berkarakter. Untuk memetik gitar,kita dapat menggunakan plektrum, atau yang lebih akrab kita sebut Pick. Silahkan simak artikel kami mengenai Teknik Teknik Memetik Gitar

Memainkan Lagu

Setelah anda menguasai chord dan cara memetik gitar, mulailah anda mencoba untuk memainkan sebuah lagu. Ada banyak lagu-lagu lokal maupun luar negri yang bisa kita gunakan sebagai bahan latihan. Berikut kami cantumkan beberapa kunci gitar yang bisa menjadi bahan latihan untuk anda. Simak juga kumpulan kunci gitar dari kami sebagai panduan anda memainkan lagu


Demikian pembahasan kami mengenai tekhnik cara belajar bermain gitar, semoga ulasan kali ini dapat memberikan manfaat bagi anda yang berkeinginan untuk memainkan gitar. Intinya, jika anda dapat berlatih secara teratur serta jangan pernah menyerah, niscaya anda akan dapat menjadi pemain gitar yang hebat...

0 Response to "Tekhnik dan Cara Belajar Bermain Gitar"