.

.

Istilah Dalam Teknik Picking Yang Perlu Anda Ketahui

http://kuncichord-gitar.blogspot.com/Picking atau Memetik gitar adalah suatu teknik dasar dalam bermain gitar yang wajib diketahui terutama bagi pemain gitar pemula jika anda ingin mempunyai permainan gitar yang berkualitas. Teknik inipun yang menjadi semacam jurus rahasia yang dimiliki oleh gitaris dunia, selain dari fingering mereka yang aduhai. Apakah pernah terfikirkan oleh anda betapa pentingnya teknik picking? jika anda beranggapan teknik picking itu tidak terlalu penting, anggapan anda salah besar, karena teknik picking adalah roh dari permainan gitar anda. Dengan teknik ini, anda mampu mengatur emosi, speed, artikulasi nada yang jelas, dan jika anda semakin mahir, anda dapat menghasilkan nada yang berbunyi aneh seperti horse noise (suara ringkikan kuda), Efek Dive Bomb (suara bom jatuh), Suara Motor dan berbagai suara aneh lainnya setelah diaplikasikan dengan efek gitar, handle Gitar, atau teknik lain sesuai keinginan anda. Dengan teknik picking yang baik, permainan gitar anda dapat dipastikan akan semakin meningkat dan terlihat semakin profesional. Untuk itu, saya akan menerangkan beberapa istilah yang perlu anda ketahui dalam teknik picking.
 

  • Up Stroke adalah teknik memetik senar gitar dari arah bawah dipetik ke atas.
  • Down Stroke adalah Teknik memetik senar gitar dari arah atas di petik ke bawah. Teknik ini adalah kebalikan dari teknik Up Stroke.
  • Palm Mute Adalah Tekhnik dalam bermain gitar dimana telapak tangan kita (tangan yang memegang pick) melakukan peredaman getaran atau suara yang dihasilkan oleh senar - senar yang kita petik. Teknik ini biasanya dimainkan oleh gitaris gitaris yang beraliran keras, seperti Metal, Progressive, Hardcore dan lain - lain. Karakteristik dari teknik ini cenderung menghasilkan nada yang bernada keras, berat atau sangar jika dibandingkan kita memainkan gitar tanpa menggunakan teknik ini. Namun yang jauh lebih penting, dengan teknik ini kita juga bisa meningkatkan kualitas nada yang kita hasilkan, karena dengan teknik ini kita bisa meredam suara - suara yang tidak kita perlukan sehingga permainan gitar anda lebih bersih dan tidak berantakan.
  • Alternate Picking Adalah Teknik memetik senar gitar pada satu senar gitar atau lebih  dengan pola naik turun atau bolak balik secara beraturan. Teknik gitar ini berpola teratur dibandingkan dengan teknik gitar Alternate Picking yang akan kita jelaskan berikutnya. Teknik ini lebih baik digunakan pada pemetikan yang berjumlah genap di tiap senarnya.
  • Economic Picking adalah teknik memetik senar gitar dengan cara mengambil jarak yang terdekat saat kita beralih memetik ke senar lain. Dari namanya saja kita bisa memahami maksud dari economic picking. Economic dalam bahasa indonesia berarti ekonomis atau hemat. Jadi teknik ini memungkinkan kita menghemat pemetikan gitar kita sehingga jumlah petikan pada teknik ini akan berjumlah lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah petikan pada alternate picking. Teknik ini pula memungkinkan kita untuk melakukan sweep/sapuan pada senar dan mencari jarak terdekat jika kita berpindah ke senar lain, tanpa ada aturan pola bolak balik seperti pada alternate picking. Teknik ini biasanya dilakukan pada pola petikan gitar yang berpola ganjil pada tiap senarnya.
  • Sweeping adalah teknik memetik gitar seperti sapuan dari atas ke bawah atau sebaliknya. Pada dasarnya, teknik ini mengharuskan bagian tangan anda yang memegang pick jatuh ke senar berikutnya seperti anda menggenjreng gitar,dan untuk tangan yang memegang senar diharuskan dengan segera mematikan nada (muting) setelah nada tersebut dibunyikan dan melanjutkan ke nada berikutnya secara sistematis. Nada yang dihasilkan pada teknik ini seolah - olah terasa cepat. Hal yang mempengaruhi pada teknik ini adalah tingkat kecepatan muting anda, agar tidak terdengar seperti kita menggenjreng gitar dan tidak ada nada yang berbenturan sehingga artikulasi nada yang dihasilkan tedengar lebih jelas per nada nya.
  • String Skipping. dari arti katanya, kita bisa jabarkan maksud dari teknik ini. String = Senar Skipping = Melewati. Jadi string skipping adalah teknik permainan gitar yang mengharuskan kita melewati beberapa senar dengan jangkauan yang melebar. Biasanya, nada yang dihasilkan dari teknik ini sama dengan nada yang dihasilkan dengan teknik sweeping, namun yang menjadi perbedaan adalah posisi tekanan pada senar dan cara memetik senar gitarnya yang mengharuskan kita menjangkau kolom yang lebih lebar dengan melewati beberapa senar. Yang menjadi kesulitan dalam teknik ini adalah seringkali kita salah memetik senar gitar yang seharusnya senar tersebut kita lewati.
selain teknik picking, silahkan anda simak juga artikel kami sebelumnya tentang Teknik bermain gitar dan juga ada beberapa hal - hal lain yang perlu anda ketahui seperti cara menyetem gitar dan pengetahuan tentang gitar akustik.

Semoga arikel kami kali ini bermanfaat, simak juga update kami tentang kunci gitar sebagai panduan anda dalam memainkan gitar. Sekian dari kami, wassalam.

0 Response to "Istilah Dalam Teknik Picking Yang Perlu Anda Ketahui"