.

.

Tips Merawat Dan Membersihkan Gitar

http://kuncichord-gitar.blogspot.com/2015/05/tips-merawat-membersihkan-gitar.html
Bagi sobat sebagai seorang pemain gitar, hal yang mungkin sering dilupakan adalah membersihkan dan memelihara instrumen atau gitar, mungkin hal ini terlihat sepele, namun hal ini sebenarnya sangat penting untuk menjaga performa permainan gitar sobat, menjaga kenyamanan, menjaga penampilan dan dapat memastikan kalau gitar sobat mampu memberikan suara yang berkualitas tinggi. Jadi perawatan dan pemeliharaan gitar secara rutin memang sangat penting untuk sobat lakukan.
Setelah gitar sering digunakan, gitar pasti akan mulai berdebu dan mengumpulkan keringat yang perlu dibersihkan secara berkala. Menggunakan kain lembut yang berkualitas mungkin bisa menjadi sebuah tindakan yang tepat untuk membersihkan kotoran yang menumpuk karena penggunaan sehari-hari. Sebagian toko musik mungkin juga memiliki koleksi yang beragam tentang bahan pembersih alat musik, tetapi sobat juga bisa memanfaatkan kain bekas entah itu kaos atau celana dan sebaiknya yang berbahan 100 persen katun. Namun sebagai catatan, hati-hati barangkali kaos/celana bekas yang sobat pakai tadi mempunyai kancing, bordiran atau logo. pilih kain yang polos untuk menghindari atau mengurangi goresan yang bisa merusak cat gitar sobat.

Salah satu bagian gitar yang cenderung menjadi tempat menumpuknya debu dan kotoran adalah bagian dibawah senar atau fret. Jadi ketika sobat membersihkan body gitar, jangan lupa juga secara rutin membersihkan fret yang berada pada bagian bawah senar. Selain itu, bagian senar gitar pun harus sering dibersihkan untuk menjaga kualitas suara ataupun memperpanjang umur pemakaian karena bagian senar gitar inilah yang sering mendapat sentuhan, jadi dapat kita pastikan kalau segala macam kotoran, keringat, debu, minyak terutama dari jari-jari sobat banyak menempel di situ, jangan lupa juga selalu mengecek kelayakan senar gitar, jika ditemukan senar gitar yang sudah rusak atau hampir putus, segeralah untuk menggantinya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, terutama saat sobat manggung.

Dalam mencari pilihan produk pembersih yang lengkap, sobat dapat menemukannya di toko musik terdekat atau sobat juga bisa menggunakan berbagai pilihan berbagai macam produk pembersih entah itu yang berbentuk cairan atau cream yang dapat sobat beli di toko atau supermarket terdekat. Sebagai bahan pertimbangan, lebih baik sobat memilih produk pembersih yang berbasis cairan karena produk ini akan lebih mudah memberikan tingkat kebersihan yang optimal dibandingkan dengan produk yang berbasis krim atau poles. Untuk produk yang berbasis krim atau poles juga kadang dapat menyebabkan permukaan objek yang dibersihkan menjadi agak kasar.
Setelah semuanya sudah dipersiapkan dengan maksimal dan dirawat secara berkala, tentu sobat dapat lebih merasa percaya diri dari rasa kekhawatiran akan kendala dari gitar yang sobat pakai. Tetap berlatih dengan semangat dan jangan sombong kalau sudah jago yah.
Demikian ulasan singkat dari saya tentang tips/cara merawat dan membersihkan gitar. Jika sobat ingin meningkatkan pengetahuan dalam belajar gitar, silahkan simak artikel menarik kami lainnya dan untuk berlanganan dengan kami,silahkan follow berbagai akun medsos dari kami.

0 Response to "Tips Merawat Dan Membersihkan Gitar "