.

.

Cara Memunculkan Ide Kreatif Dalam Membuat Lagu Ciptaan Sendiri

http://kuncichord-gitar.blogspot.com/
Apakah anda adalah seorang yang mempunyai hobby di bidang musik? Apakah anda sedang berusaha untuk membuat lagu ciptaan sendiri namun anda merasa kesulitan untuk membuatnya? Berikut ini kami akan memberikan beberapa tips untuk memunculkan ide kreatif dalam membuat lagu karya sendiri.
  • Menentukan Tema Lagu untuk mendapatkan lirik lagu yang berkualitas

Langkah pertama yang perlu di lakukan untuk memunculkan ide kreatif membuat lagu ciptaan sendiri adalah dengan menentukan konsep umum dari lagu yang akan kita buat. Konsep ini bisa dalam hal apa saja seperti Cinta, Sakit Hati, sahabat, Alam atau hal apapun yang ingin dijadikan tema lagu. Setelah anda telah menentukan konsep yang dipilih, langkah berikutnya adalah mencari inspirasi lirik lagu. Berikut ini adalah beberapa sumber inspirasi yang paling penting yang dapat dijadikan bahan membuat lirik lagu bagi anda.
Obrolan : Jika anda baru - baru ini telah melakukan percakapan yang menarik dengan orang lain tentang topik yang berhubungan dengan konsep anda, Masukkan sebagian percakapan yang menarik tadi kedalam lirik lagu yang akan anda buat.

Film : Film memang telah terbukti dapat memunculkan berbagai macam ide kreatif. Jika konsep anda tentang cinta, tidak ada salahnya jika anda mencoba menonton film cinta favorit anda yang bertujuan untuk memicu ide kreatif anda. Setelah itu telitilah dengan seksama tentang hal - hal yang menarik atau dialog - dialog yang unik dalam film tersebut, atau bisa juga kita mengambil inti cerita dari film tersebut dan kita tuangkan kedalam lirik lagu yang akan kita buat.

Musik : Mendengarkan musik favorit anda juga dapat memberikan inspirasi yang anda butuhkan dalam membuat lagu sendiri. Luangkanlah waktu anda untuk mendengarkan lagu tersebut dan begitu anda mendapatkan mendapatkan ide tentang lirik lagu yang menurut anda bagus, segeralah untuk mencatatnya.

Sebagai catatan, saat anda menulis lirik lagu, carilah variasi persamaan kata / sinonim tentang kata yang akan anda pilih, carilah kata yang menurut anda paling indah dan sesuai dengan tema lagu.
  • Membuat Nada

Bagian tersulit dari mencipta lagu bagi kebanyakan orang adalah saat mencari nada dari lagu tersebut. Namun anda harus catat baik - baik, sebuah lagu akan semakin baik jika lagu tersebut mempunyai nada yang sederhana. Jadi untuk memunculkan ide kreatif anda dalam menciptakan lagu sendiri, mulailah dengan memainkan kunci yang sederhana di piano atau gitar.

Sebagai Catatan, Saat anda mencari kunci gitar dari lagu yang sedang anda buat, usahakan untuk selalu mengingat tentang tema lagu yang sudah anda pilih sebelumnya sehingga anda tidak akan salah dalam memilih jalur nada. Jika tema lagu yang anda pilih adalah tentang kesedihan, anda harus memainkan kunci minor, namun jika tema lagu anda tentang kebahagiaan dan semangat, anda harus memainkan kunci mayor. Buatlah konsep nada sesederhana mungkin dan mulailah anda ingat - ingat. Agar nada yang telah peroleh tidak hilang, segeralah merekam nada - nada tadi dengan alat perekam.
Setelah konsep nada yang telah anda buat tadi sudah anda rekam, cobalah untuk mengevaluasi, barangkali akan memunculkan ide baru lagi tentang permilihan nada lain yang lebih indah didengar.


Demikianlah beberapa tips dari kami mengenai cara memunculkan ide kreatif dalam membuat lagu ciptaan sendiri, semoga tips dari kami dapat dijadikan sumber anda mendapatkan ide segar dalam menciptakan lagu. Selain itu, Jika anda gemar dalam bermain gitar, silahkan kunjungi artikel kami lainnya tentang belajar gitar untuk mengembangkan wawasan anda dalam bermain gitar. Sekian dari kami, Wassalam
.

1 Response to "Cara Memunculkan Ide Kreatif Dalam Membuat Lagu Ciptaan Sendiri"

rzl said...

Thanks gan.. ini sudah cukup membantu saya..