.

.

Pola Pikir Yang Perlu Dirubah Tentang Belajar Gitar Dengan Benar

http://kuncichord-gitar.blogspot.com/
Sebagian dari kita, seringkali kita merasa jenuh saat kita berlatih gitar. Apa yang membuat anda merasa bosan? bukankah tujuan anda belajar gitar adalah agar anda bisa mahir dalam bermain gitar? Atau karena anda merasa rajin berlatih namun skill anda tidak mengalami peningkatan sesuai yang anda harapkan? Jika anda berpikir kalau berlatih gitar itu adalah kegiatan yang membosankan, mungkin anda tidak melakukan latihan dengan benar, dengan cara berpikir yang benar, dengan praktek yang benar, atau tidak diarahkan ke tujuan tertentu untuk mencapai atau meningkatkan keterampilan tertentu. Mulai sekarang, anda harus fokus sepenuhnya pada latihan gitar anda. Kami sudah menyediakan beberapa tips/panduan belajar/berlatih gitar agar cepat Mahir agar terbentuk pola pikir yang maju untuk menunjang anda berlatih gitar.
  • Ketahui Seberapa Kemampuan Anda Saat Ini

Berlatih dengan benar untuk mengukur kemampuan anda saat ini, sehingga anda dapat menentukan porsi yang tepat untuk latihan anda sekarang. Jika anda seorang pemain gitar pemula, lakukan teknik belajar gitar untuk pemula, jangan melakukan teknik belajar gitar yang dirancang untuk pemain gitar yang sudah mahir. Juga sebaliknya, Jika anda seorang yang sudah mahir gitar, rasanya percuma dan hanya membuang waktu jika anda berlatih gitar yang dirancang untuk pemula.
  • Menetapkan Tujuan Yang Realistis

Tetapkan tujuan anda dengan tepat tentang apa yang ingin anda capai saat ini. Jika anda pemula, tidak akan mungkin anda bisa langsung memainkan lick gitar dari seorang dewa gitar. Anda harus bersabar dan menentukan tujuan anda sesuai dengan kapasitas anda saat ini, jangan terlalu muluk - muluk. Tetapkan tujuan anda terlebih dahulu, jangan sampai anda menjadi menyerah karena latihan yang terlalu sulit. 
  • Fokus Berlatih

Hal umum yang membuat latihan gitar terasa membosankan dan tidak efektif adalah ketika anda berlatih tanpa fokus dan konsentrasi. anda harus ketahui jika berlatih gitar memerlukan konsentrasi yang tinggi dan penuh keseriusan. Jika anda tidak bisa melakukannya, kemampuan anda tidak akan berkembang dengan maksimal dan hanya membuang waktu anda. Pastikan jika setiap anda berlatih, anda melakukannya dengan penuh konsentrasi, semangat yang tinggi dan jangan pernah malas - malasan. 
  • Tantang Diri Anda Sendiri

Jika anda sudah dapat memainkan sebuah latihan dengan tempo yang menurut anda sudah sangat mudah, Naikkan tempo latihan anda, namun masih dalam tingkat yang wajar. Latihan akan berguna jika anda memerlukan sedikit usaha untuk melakukan latihan tersebut, namun masih dalam batas yang realistis.
  • Jangan Buru - Buru

Jangan memaksakan diri untuk melakukan latihan dengan kesulitan yang tinggi sebelum anda menguasai latihan yang mudah terlebih dahulu. Hal ini hanya akan merusak nada yang anda hasilkan karena anda terlalu memaksa. Pastikan tiap latihan anda terdengar rapi dan bersih sebelum berpindah ke tempo yang cepat dan latihan yang lebih sulit. Disini anda dituntut agar bersabar dan jangan pernah anda membandingkan diri anda dengan pemain gitar yang lain. Untuk mendapatkan hasil latihan yang terbaik, pastikan anda nyaman dengan tempo yang sedang anda pelajari saat ini.
  • Berlatih Menggunakan Metronom

Pastikan bahwa anda selalu berlatih dengan menggunakan metronom. Hal ini sangat penting untuk membantu mendapat tempo yang tepat, serta sebagai tolok ukur pencapaian tempo anda saat ini. Dengan metronom, permainan anda akan konsisten dan akan terdengar teratur. 
  •  Memainkan Lagu Bukanlah Latihan Yang Sebenarnya

Anda harus bisa membedakan antara memainkan lagu dan berlatih gitar. Jika anda berfikir bermain lagu adalah sebuah latihan gitar yang utama, itu hanya akan membuang waktu anda saja. Anda harus bisa membagi waktu kapan saat anda berlatih gitar dan kapan saat anda memainkan lagu. Mungkin bagi pemain gitar pemula, memainkan lagu adalah salah satu bentuk latihan dasar, namun ini bukanlah berlatih gitar dalam arti sebenarnya. Latihan gitar mencakup berbagai hal yang mampu meningkatkan kemampuan anda.
  • Praktek, Bukan Hanya Sekedar Teori

Dari internet kita memang dapat menemukan ribuan bahkan jutaan artikel tentang cara berlatih gitar,dengan cara belajar gitar yang bervariasi pula. Dengan begitu lantas apakah anda akan menjadi seorang dewa gitar? Sekarang rubah pola pikir anda. Yang menjadikan anda seorang gitaris yang hebat adalah diri anda sendiri, internet hanyalah media untuk mencari informasi dan pengetahuan anda saja. Daripada anda menyibukkan diri dengan hal itu, alangkah baiknya fokuskan diri anda ke latihan, jangan hanya berharap anda akan menjadi dewa gitar setelah membaca artikel tersebut.

  • Berlatih Setiap Hari

Untuk menjadi pemain gitar yang hebat, anda harus meluangkan waktu untuk selalu berlatih setiap hari minimal 15 menit setiap harinya. Hal ini akan lebih baik dibandingkan anda berlatih setiap minggu selama 2 jam. Sama saja lebih baiknya jika anda makan 3 kali sehari dari pada anda makan 3 porsi di malam hari.

Jangan pernah menyerah berlatih hanya karena anda tidak mendapatkan hasil yang anda inginkan, Anda hanya perlu merubah metode berlatih anda saja. Setelah anda membaca artikel saya kali ini, Semoga pandangan anda tentang berlatih/belajar gitar akan berubah ke arah yang lebih baik. Sekian dari saya, terimakasih.

1 Response to "Pola Pikir Yang Perlu Dirubah Tentang Belajar Gitar Dengan Benar"

AGL - Team said...

Salam kenal semua, mohon izinkan saya berbagi link buat yg ingin memperdalam gitar dalam berbagai teknik secara lengkap dan mengunduh materi untuk pemula, blues, jazz dalam bhs Indonesia silahkan klik www.gitarzoom.blogspot.com
trims